News Ticker

Menu

Cara Membongkar dan Memperbaiki Shockbreker Yang Mati atau Bocor

Cara Membongkar dan Memperbaiki Shockbreker Yang Mati atau Bocor

Cara Membongkar dan Memperbaiki Shockbeker Yang Mati atau Bocor - Jika shokebeker yang kita rasakan  keras serta tidak nyaman kemungkinan besar shokebeker kita itu mati atau mengalami kebocoran. Apakah dapat diperbaiki? Bagaimanakah caranya? Nah kalian tidak perlu kawatir. Kami disini ingin sedikit memberikan solusi nih bagaimana cara memperbaikinya.

Sebelum lanjut, apa sih fungsinya shockbreker? fungsi utama shokebeker yaitu memperkecil kejutan saat kendaraan melambat ataupun saat melewati jalan bergelombang serta berbatu.

Bagi masyarakat, shockbreaker sepeda motor tentu sangat diperlukan. Meskipun jalannya rata tetapi terkadang terdapat lubang atau polisi tidur yang lumayan banyak ketika sedang memasuki daerah perumahan.

Shockbreaker dapat dibilang sebagai pelindung dari berbagai bagian serta komponen di atasnya karena akan meredam getaran dan hentakan. Jika sepeda motor sering terkena benturan dan hentakan maka bisa cepat rusak.


Bagaimanakah cara kita mengetahui, jika shockbreaker sudah bocor dan rusak atau tidak bagus lagi? Dan bagaimanakah cara memperbaikinya? tentunya anda harus datang ke bengkel terpercaya, atau lebih jauh bisa baca-baca artikel mengenai perbengkelan hanya di Mas Bengkel. Tanpa panjang bicara, mari kita beberapa caranya sebagai berikut :

Cara memperbaiki Shockbreker yang mati atau bocor

1. Ditemukannya rembesan oli dan membasahi tabung shockbreaker, menjadi tanda shock bocor, 
cara memperbaikinya : mengganti as shock dan mengisi kembali oli didalam tabung shockbreaker sesuai dengan takaran dan aturan.


2. Mengendari motor menjadi tidak nyaman dan terasa sangat keras ketika melewati jalanan yang berbatu atau jalan bergelombang.

Cara memperbaikinya : mengganti oli dalam shockbreaker depan serta belakang motor, karena batas pergantiannya adalah sekitar 15.000 kilometer.


Cara membongkar Shockbreaker Sepeda Motor Yang Bocor

Berikut ini alat dan komponen yang harus dipersiapakan jika akan memperbaiki shock sepeda motor:


1. Kunci pas, ring, serta shock dengan ukurang 8 milimeter, 14 milimeter dan 17 milimeter
2. Kunci L6 mm
3. Obeng plus dan min
4. Oil Seal berukuran 26x37x10,
5. Kunci bintang ukuran T40
6. Oli shockbreaker
7. Lap atau kain bersih


Langkah - langkah cara memperbaiki shockbreaker sepeda motor:

1. lepaskan terlebih dahulu roda beserta dengan rumah piston rem serta spakbor dengan tujuan untuk mempermudah perbaikan, lepas baut 14mm agar shockbreaker belakang sepeda motor dua sisi dapat dilepaskan. Sedangkan untuk membongkar shock hanya dengan menekan bagian atas pada penutup shock dan congkel ring pengunci.


2. kemudian lepas per di tabung lalu segera tuang keluar oli pada tabung shockbreaker. agar oli keluar semua maka bisa dengan mengocoknya berkali-kali.


3. Lepaskan tabung shock breker pada bagian dalam, dengan memamkai kunci L6 milimeter, kemudian lepas baut L pada bawah tabung shock bagian luar.


4. ketika tabung shock bagian dalam terlepas maka ambil rebound spring serta damper rodnya. kemudian Periksa untuk menentukan apakkah masih bagus apa tidak.


5. Teruskan memeriksa apabila seal oli shock bocor, maka seal shock harus diganti, tanda seal oli shock mengalami kebocoran adalah terlihat pada bagian pipa mengkilap karena terkena oli.ketika akan memasang seal shock yang baru, harus dikerjakan dengan hati-hati dan jaga kondisi harus tetap rata atau tidak miring.


6. Selanjutnya saat memasang seal oli menggunakan bearing roda bekas dan ketok dengan palu plastik supaya seal shock bisa masuk dengan rata.


7. Pasanglah kembali ring pengunci serta karet tutup shock, dianjutkan pemasangan tabung shock dalam serta rebound spring dan dampernya, kemudian putar baut pengikat L6 mm usahakan tertutup dengan rapat.


8. kemudian isi oli shock pada tabung, usahakan ukurannya sama kira-kira 64 mililiter.


9. kemudian Pasang per dengan menggunakan teknik posisi ulir renggang pada bagian bawah serta ulir rapat bagian atas.


10. kemudian memperbaiki shockbreaker belakang seoeda motor yang bocor dengan memasang tutup shockbreaker atas dan ring pengunci, agar pengerjaan lebih cepat serta mudah sebaiknya dipasang terlebih dahulu kedua shockbreaker motor dankencangkan baut pengunci.


11. lanjutkan dengan menutup shock dibarengi menekan menggunakan obeng sekaligus dipasang pengunci hingga terdengar bunyi clik.


12. kemudian jika sudah selesai diperbaiki pasang kembali spakbor atau bagian sepeda motor yang sudah dilepas, serta bersihkan dengan lap atau kain.


13. selanjutnya uji coba sepeda motor di jalan yang tidak rata.


Demikianlah langkah cara memperbaiki shock, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih.

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Cara Membongkar dan Memperbaiki Shockbreker Yang Mati atau Bocor "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM