News Ticker

Menu

Ciri-ciri Gear Set Aus

Ciri-ciri Gear Set Aus

Ciri-ciri Gear Set Aus-Salam otomotif, yes bersama saya Saliman, kali ini artike yang akan kita bahas adalah mengenai gear set yang sudah mulai aus atau bisa dibilang perlu diganti. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, gear set bertahan kisaran 3 sampai 5 tahun guys. Akan tetapi semua itu tergantung pemakaian dan jenis motor yang anda gunakan. 

Sebagai contoh saya menggunakan Honda Tiger Revo 2013 karena gear setnya yang lumayan besar bisa dibilang cukup awet bertahan 5 tahun, padahal itu sudah sering saya bawa ditanjakan curam dengan beban yang lumayan berat juga guys. Selain itu touring jarak jarak jauh juga sudah saya lalui dengan motor tersebut. Namun setelah 5 tahun saya sedikit tidak nyaman dalam berkendara guys. 

Kenapa itu bisa terjadi dan apa penyebab tidak nyamannya dalam berkendara ? yang pasti saya salah menerka untuk pertama kalinya. Saya fikir itu karena mekanik AHASS salah menyetel mesin saya saat tune-up, karena memang saya rutin sekali servis di AHASS guys. Namun setelah saya selidiki dan perhatikan saat setel rantai, eh ternyata antara gear dan rantai tidak presisi lagi. 


Baiklah inilah tanda-tanda gear set mulai aus/tidak presisi lagi 

1. Saat motor berjalan mesin serasa tersendat-sendat seperti bensin mau habis. yah itu semua karena putaran gear dan rantai yang mulai tidak presisi lagi karena diameter gir sudah tidak sempurna lagi

2. Setelan rantai sudah mentok, ya walau disetel sekenceng apapun tidak tidak bisa kencang lagi, yang ada rantai tetap kendor

3. Saat membawa beban berat atau dibawa menanjak, motor akan berbunyi srak-srak, itu karena gear yang renggang dan rantai yang sidah mulai menipis tidak dapat lagi menahan beban. 

Lantas apa akibatnya kalau sudah tahu gir set kita sudah aus tapi terus dipakai ? tentu saja jika kita memakai gear set yang sudah tidak bagus lagi kemungkinan  rantai lepas ditengah perjalanan lebih besar dan pastinya resiko celaka lebih tinggi. Sebaiknya gantilah rantai anda agar penjalanan nyaman juga hati merasa tenang. Semoga artikelnya bermanfaat jangan lupa dukung blog ini agar terus berkembang dan subcribe Pelengkap Otomotif Channel.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Ciri-ciri Gear Set Aus "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM