News Ticker

Menu

Cara Mengidentifikasi Cairan yang Menetes Dibawah Mobil


www.pelengkapotomotif.com ~ Halo sahabat PO, pernahkah kalian melihat genangan air ataupun minyak yang tiba-tiba saja muncul berada dibawah kolong mobil kita? Jika iya, maka kalian harus melakukan pengecheckan terhadap mobil tersebut. Terutama pada bagian AC, rem ataupun Power Steering, karena cairan yang sering menetes dibawah mobil bisa berupa air tetesan dari AC, minyak rem atau minyak power steering. Nah, untuk itu pastikan terlebih dahulu.

Caranya adalah sebagai berikut :
Untuk bisa melakukan identifikasi terhadap cairan tersebut maka kalian bisa menggunakan kertas atau karton putih dibawah kolong mobil atau di area sekitar terjadinya bocor dan tinggalkan selama beberapa jam. Lalu perhatikan karakteristik yang dimiliki pada cairan tersebut. Kalian juga harus bisa membedakan warna, tekstur dan bau, agar bisa mengidentifikasikannya dengan pasti.

Jika cairan tersebut berminyak dan berwarna hitam
Sangat mungkin itu adalah oli mesin. Untuk memastikannya, Kalian bisa membuka 'tongkat pengukur' oli mesin Kalian dan meneteskan beberapa tetes oli pada kertas tersebut. Bandingkan tekstur dan warnanya. Jika memang benar, maka oli mesin mobil Kalian yang bocor, pastinya hal itu akan terjadi lagi keesokan harinya. Maka, jangan buang waktu lagi, segeralah hubungi bengkel mobil terpercaya dan terdekat.

Jika cairan tersebut berminyak dan berwarna merah
Kemungkinan besar itu adalah minyak transmisi. Cairan ini sangat mendukung dalam pengoperasian transmisi mobil Kalian. Supaya lebih meyakinkan, maka ambillah beberapa tetes sampel minyak rem dari sistem transmisi mobil Kalian dan bandingkan dengan cairan bocoran tersebut.
Kalau cocok, coba tambahkan minyak transmisi Kalian dan amatilah keesokan harinya. Jika terjadi hal yang sama, maka segera hubungi mekanik ahlinya. Kebocoran ini sangatlah fatal. Mengapa begitu? karena kalau minyak transmisi habis akan menyebabkan 'selip' saat perpindahan gigi dan akan merusak panel transmisi itu sendiri.

Jika cairan tersebut berminyak dan berwarna kuning atau hijau
Maka itu adalah kebocoran pada sistem pendingin. Amatilah karet hitam kecil pada pipa karet yang terpasang di atas radiator mobil Kalian, kemudian telusuri hingga ke tangki penyimpanannya. Jika tangki tersebut kosong, berarti analisa Kalian tepat. Mintalah mekanik untuk menentukan titik kebocorannya.

Jika cairan tersebut bening dan berminyak
Maka itu berarti minyak rem. Kebocoran ini biasanya terjadi di dekat salah satu roda mobil Kalian atau tepat di bawah area pedal rem. Sentuhlah cairan bocoran dengan jari tangan Kalian, untuk memastikan bahwa itu benar berminyak.
Lakukan pengetesan dengan sampel, melalui cara yang sama seperti pengecekan pada oli mesin dan oli transmisi di atas, untuk memastikannya. Kebocoran ini sangat fatal akibatnya, jika tak segera ditangani, mengingat fungsi rem yang begitu vital. Jadi, mintalah mekanik untuk segera membereskannya.

Jika cairan tersebut bening tapi TIDAK berminyak
Ada 2 kemungkinan letak sumber kebocoran. Ciumlah cairan tersebut untuk mengetahuinya, apakah itu air biasa dari panel sistem AC atau air dari tangki penyimpan cairan wiper alias pembersih kaca. Jika itu dari tangki cairan pembersih kaca depan, segera tambahkan air dan amatilah apakah ada air yang menetes dari tangki tersebut. Kebocoran bisa terjadi pada selang ataupun tangki itu sendiri.

Nah, sahabat PO _ dari sini ingatlah, bahwa mobil Kalian masih bisa berjalan tanpa cairan-cairan tersebut. Namun kemudian, kerusakan yang amat serius akan Kalian hadapi. Cegahlah hal tersebut sebelum terlambat dengan pengecekan yang teratur dan teliti (daripada menyesal nantinya dan mengeluarkan dana yang lebih), segera atasi kebocoran tersebut dengan cepat dan tepat. Jika Kalian melakukannya dengan benar, niscaya mobil Kalian akan berjalan dengan tanpa kendala.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini dengan teman kalian agar ilmu yang kita peroleh selalu bermanfaat.

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Cara Mengidentifikasi Cairan yang Menetes Dibawah Mobil"

ADD COMMENT
  1. Semoga bermanfaat ya sahabat otomotif sekalian ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  2. nongkorongin Blog PO makin kenal dunia otomotif thanks .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat pak hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM