News Ticker

Menu

5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2



www.pelengkapotomotif.com ~ Halo sahabat PO, berbicara mengenai mobil bekas memang tidak ada habisnya ya, apalagi jika kita ingin membeli mobil bekas berkualitas. Pada kesempatan kali ini kami kembali membahas mengenai "5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2". Untuk bagian #1 nya kalian bisa membaca pada ulasan berikut >> 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #1.

1. Eksterior Mobil


Bagian mobil yang sering menjadi perhatian adalah eksterior mobil. Lakukan pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Seperti :
  1. Bagian bodinya. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar.
  2. Bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. 
  3. Bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi.
  4. Bagian keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. 
  5. Bagian yang jarang terlihat. Salah satunya adalah bagian kolong, cobalah untuk masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.


2. Interior Mobil beserta aksesorisnya


Setelah selesai dengan bagian eksterior, kini saatnya untuk mengamati bagian interior mobil beserta aksesorisnya. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu kalian cermati antara lain  adalah :
  1. Bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya.
  2. Bagian kaca, pada bagian kaca ini cobalah dengan menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil.
  3. Bagian fasilitas, seperti  mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk kalian coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.


3. Cek Fisik


Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini kalian akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. Proses cek fisik ini tentunya bisa Anda lakukan setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika kalian memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik.

4. Asuransi


Selanjutnya adalah check asuransi. Cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. 

Jika mobil bekas yang akan kalian beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli

Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

5. Teliti Sebelum Membeli 


Tips yang terakhir adalah teliti. Ini adalah faktor yang paling penting sebelum membeli, karena ketelitian juga menentukan apakah kalian bakalan membeli mobil bekas tersebut atau tidak. Teliti sebelum membeli menjadi hal yang wajib kalian lakukan sebelum membeli mobil bekas. 

Hal ini tentu saja untuk menghindari Anda dari kerugian yang tidak perlu seperti kerusakan mobil bekas yang Anda beli hanya karena Anda tidak teliti mengecek kondisi mobil tersebut sebelumnya. 

Nah, itulah "5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2". Dengan menerapkan beberapa tips diatas semoga memberikan keuntungan bagi kalian dalam melakukan pembelian mobil bekas.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2 "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM