News Ticker

Menu

Arti Kode / Simbol Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

www.pelengkapotomotif.com ~ Halo sahabat sotazer, eh keliru, sotazer kan untuk pengunjung www.sotazone.net.. Jadi lupa.. heheh.... back to topic... Halo sahabat PO pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang beberapa kode atau simbol yang terdapat pada tuas transmisi mobil matic.

Bagi sahabat PO yang sudah terbiasa mengendarai mobil matic pasti sudah tidak asing lagi dengan arti dari kode atau simbol-simbol huruf berikut ini Shift Lock, P, R, N, D-3, 2, dan L. Namun faktanya masih ada beberapa diantara teman kita yang belum pernah mengendarai mobil matic dan akan kebingungan dengan simbol-simbol yang terdapat pada tuas transmisi tersebut.

Lalu apasih makna yang terkandung pada kode atau simbol huruf tersebut?

Nah, bila kalian masih belum paham maksud dari kode atau simbol tuas tersebut, berikut kami sajikan “Arti Kode / Simbol Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

1 - Shift Lock

Shift Lock berfungsi untuk mengunci transmisi pada posisi tuas tertentu. Tombol ini biasanya hadir pada mobil-mobil keluaran baru dan digunakan saat mobil hendak diparkir secara paralel. Pada transmisi mobil matic pasti terdapat huruf ‘P’ yang memang digunakan untuk parkir. Namun, bila tuas transmisi berada pada posisi P maka akan menyebabkan mobil tidak bisa digerakkan karena roda-roda terkunci. Nah, jika mobil anda sudah dilengkapi Shift Lock, anda bisa mengaktifkan Shift Lock dan memindah tuas transmisi dari huruf P ke N, hal itu bertujuan agar roda mobil berada dalam kondisi bebas sehingga mobil akan bisa dimaju-mundurkan.

2 – Kode / simbol huruf P

Huruf P di sini berarti ‘Park‘, jika tuas transmisi berada pada posisi P, maka roda-roda akan mengunci sehingga mobil tidak bisa digerakkan. Anda bisa memposisikan transmisi pada posisi P bila mobil sedang diparkir atau bila mobil sedang berhenti dalam jangka waktu yang lama.

3 - Kode / simbol huruf R

Huruf R berarti ‘Reverse‘, posisi ini digunakan saat mobil hendak melaju mundur dan jangan lupa untuk menginjak rem terlebih dahulu sebelum tuas transmisi berada pada posisi R. Untuk menghindari mobil melaju mundur secara cepat, lepaslah rem secara perlahan-lahan.

Nah, jika kamu sedang berkenalan dengan cewek melalui aplikasi chat dan Cuma di ‘R’ doank, maka itu pertanda kamu harus mundur.

4 - Kode / simbol huruf N

Huruf N berarti ‘Neutral‘, pada posisi ini mobil dalam keadaan bebas dan roda-roda mobil tidak terkunci. Pastikan anda selalu memposisikan tuas transmisi pada posisi N sebelum mobil di-starter.

5 - Kode / simbol D-3

Pada posisi D-3 (mobil sedang berada pada gigi 3) mobil bergerak maju

6 - Kode / simbol angka 2

Angka 2 berarti mobil sedang berada pada gigi 2. Posisi ini digunakan bila mobil sedang melaju di jalanan menanjak dan turunan yang agak curam.

7 - Kode / simbol huruf L

Huruf L berarti mobil sedang berada pada gigi 1. Posisi ini merupakan posisi transmisi yang paling rendah dan digunakan saat mobil sedang melaju di jalanan menanjak atau turunan yang sangat curam.

Ternyata Arti Kode / Simbol Pada Tuas Transmisi Mobil Matic memiliki arti yang sangat mendalam bagi pengemudinya. Apa jadinya jika pengemudi mobil matic tidak tahu atau belum mengerti mengenai kode / simbol yang terdapat pada tuas transmisi tersebut? Pastinya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Nabrak mantan misalnya. Heehehee..

Itulah  ulasan mengenai "Arti Kode / Simbol Pada Tuas Transmisi Mobil Matic", semoga dengan ulasan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengunjung setia Pelengkap Otomotif, sekian dan terimakasih.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Arti Kode / Simbol Pada Tuas Transmisi Mobil Matic "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM