News Ticker

Menu

Penyebab Aki Kurang Setrum Atau Tekor


Penyebab Aki Kurang Setrum Atau Tekor-Salam Otomotif, kembali lagi bersama saya Saliman yang akan membagikan pengalaman menarik seputar dunia otomotif, khususnya aki. Dan pada hari ini saya akan membagikan tips untuk membuat aki lebih tahan lama atau dengan kata lain tidak mudah tekor.

Karena pada peristiwa yang saya alami kali ini dimana ada seorang pelanggan membeli aki, baru 1 minggu sudah tidak kuat untuk start. Setelah saya melakukan pengecekan ternyata indikator aki berwarna putih. Tahukan kalau indikator aki berwarna putih itu menandakan kurang setrum.

Lantas apakah kita berfikir akinya jelek karena baru beli seminggu kok sudah tidak dapat melakukan start ? Tentu saja sebagai dokter aki saya mengatakan belum tentu akinya rusak. Dan benar saja itu hanya kurang setrum. Terus solusinya bagaimana?

Solusi untuk kejadian semacam ini tentu saja dengan mengambalikan voltasenya dengan cara menchargenya sampai 12 V. Setelah aki 12 V maka kita pastikan dengan BT400 untuk mengetahui kekuatan aki tersebut dari segi kekuatan sel aki saat melakukan start. Kemudian dapat saya simpulkan aki baik-baik saja.

Lantas apa saja yang menyebabkan aki tidak dapat start, padahal aki baru seminggu? Jawabannya ada beberapa alasan. Yang pertama kita lupa mematikan lampu semalaman, sehingga aki tergerus terus dalam pemakaian lampu tersebut. Yang kedua, radio menyala saat mesin mati. Biasanya kita menyalakan radio sambil bersantai. Setelah beberapa jam eh mobil tidak mau start hehe.

Yang ketiga, ada kebocoran arus dalam mobil kita, bisa saja ada salah satu kabel posistif dan negatif menempel. Disitulah arus akan tergerus. Perlu diketahui untuk standard bocor arus yaitu 0.05 bisa dicek mwnggunakan tang ampere. Dan yang terakhir adalah alarm yang error. Seperti yang saya alami baru-baru ini.

Lantas apa si ciri-ciri alarm error. Ciri-cirinya adalah dashboard mobil on, taoi saat distart alarm malah berbunyi sedangkan dinamo starter tidak berbunyi sama sekali. Adapun hal lainnya, dimana kunci kontak mobil tidak dapat dilepas. Bagaimana cara untuk melepasnya, dengan cara melapas kepala aki negatif pada aki dan sebaiknya jangan dipasang kembali sebelum alarm diperbaiki. Karena jika dipasang maka lambat laun akan tekor juga si aki.

Nah semoga bermanfaat artikel kali ini. Untuk terus update artikel dari PO Blog anda dapat like fans page kami atau follow this blog. Sampai jumpa, sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya. Sampai jumpa lagi, salam otomotif.


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Penyebab Aki Kurang Setrum Atau Tekor "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM