News Ticker

Menu

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Baik dan Benar-Selamat datang di Pelengkap Otomotif Blog, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman yang menurut saya bermanfaat. Apakah itu ? yuk mari kita baca bersama. Tentunya hal ini berkaitan dengan mobil saat kita hendak mematikannya.

Okey saat kita ingin mematikan mesin biasanya mengeber mobil kemudian langsung mematikannnya, mungkin hal itu baik menurut anda agar aki bisa terisi dengan cepat dan memperpanjang umur aki. Padahal anda tahu kan ketika mobil habis dipakai pastilah aki sudah terisi dengan catatan kondisi alternatornya bagus. Mobil akan terisi ketika gas diinjak sampai menyentuh minimal 2000rpm, dan pastinya anda akan menginjak gas melebihi 2000rpm ketika melakukan perjalanan. Jadi sudah tidak perlu lagi beralasan dengan dalil untuk memperpanjang umur aki yang justru memperpendek umur mesin. 

Lantas kenapa kita boleh menggeber mesin mobil kemudian terus dimatikan. Karena ketika mesin mobil  menyala secara otomatis pompa oli pun akan bekerja. Namun ketika mesin mati pompa oli akan berhenti seketika itu juga. Bayangkan saja ketika anda sedang asik-asiknya nonton bola penyerang idola sedang melakukan tembakan tiba-tiba listrik padam, perasaannya gimana hehe. 

Tentu mesinpun sama, ketika anda menginjak gas, saat itu putaran tinggi dan membutuhkan pelumas berlebih. Namun saat itu juga anda mematikannya. Maka yang terjadi mesin berputar tanpa pelumas yang memadai karena pompa oli berhenti seketika, padahal disisi lain mesin masih dalam keadaan mengembang karena panas, jadi secara tidak langsung akan menimbulkan gesekan antar komponen dengan pelumas yang tidak memadai. Alhasil mesin akan mudah sekali aus jika anda melakukan kebiasaan tersebut terus menerus. 

Nah setelah tahu, mari kita rubah cara pandang kita terhadap kendaraan kita agar lebih awet untuk komponen mesinnya, bahkan bukan hanya mesin yang lainya juga seperti body, casis dan kaki-kakinya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa ikuti terus Pelengkap Otomotif Blogs untuk info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

6 comments to ''Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Baik dan Benar"

ADD COMMENT
  1. Owalah ternyata begini toh thanks infonya gan btw ane masih belajar2 buat nyetir wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh enak nie yang sudah punya mobil, semoga nfonya bermanfaat

      Delete
  2. Jadi intinya kalau mengeber mobil kemudian langsung mematikannnya, itu gak baik ya.
    makasih informasi nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tidak baik seperti halnya kita sedang mandi pakai sampo tiba-tiba air krannya macet hahah

      Delete
  3. Trus intine kpriwe lik? Di jorna dipit APA kprwe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm intinya kalau mau matiin ya dalam kondisi stasioner stabil tanpa gas, biar lebih aman dan awet mesinnya pak

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM