News Ticker

Menu

Solusi Agar Motor Tidak Mogok di Jalan


Solusi Agar Motor Tidak Mogok di Jalan

Solusi Agar Motor Tidak Mogok di Jalan-Saat-saat menyebalkan adalah ketika motor mogok di jalan. Sudah enak-enak naik eh, harus dorong.
Ada dua hal yang paling menjengkelkan saat mendorong motor.

  1. Capek mendorong : siapa yang tidak kesel dorong motor, kalo jarak yang dituju sudah dekat 30-50 m. Iyalah itu masih mudah ini harus dorong 3-4 km. Wah kalo kayak gitu namanya olahraga bukan mendorong biasa. Bisa-bisa tangan dan kaki berotot.
  2. Malu : tidak kalah menyebalkan saat mendorong adalah malu, malu sama orang-orang yang lihatin, malu sama pasangan, memang sangat-sangat menyebalkan.

Nah, dari 2 hal itu pasti pernah dialami kamukan saat motor mogok. Apasih penyebab motor mati total? Sehingga tidak bisa dihidupin.

Apa sih penyebab motor mogok seperti kehabisan bensin penyebab? What what untuk itu saliman sp akan membantu kamu.

Di dalam artikel ini saya akan menjelaskan 7 hal yang harus kamu perhatikan supaya motor tidak mogok.

Tapi sebelumnya kenapa saya menulis artikel ini, karena saya tahu peningkatan motor di Indonesia sangat drastis naik.

Lihat grafik dari Aisi.or.id ini yang setiap tahun sepeda motor terus meningkat.
grafik peningkatan sepeda motor dari tahun 1987-2012
Grafik Sepeda motor 1987 sampai 2012.

Pada tahun 2012 saja sepeda motor sampai segitu, berarti ditahun 2017 ini sepeda motor sudah berjuta-juta unit dan tentu karena banyak pasti permasalahan seperti mogok yang kerap terjadi masih hal yang umum.. Karena itulah saya kasian.

1. Oli Yang Kering


saya mempunyai cerita tentang motor mogok karena oli.
  1. Ade ibrahim (mekanik) : "Kamu sudah ganti oli? Saya check oli kamu sudah tidak layak pakai"
  2. Apip siswantoro : "sudahlah saya saya suruh bukan yang itu, perbaiki saja komponen yang rusak"
  3. Ade ibrahim (mekanik) :"siap, tapi saya sudah beritahu ya kalo nanti kamu mogok jangan salahkan saya"
  4. Apip siswantoro : "iya, iya sudah cepatan "
  5. Ade ibrahim (mekanik) :"sudah selesai hati-hati ya"
  6. setelah membayar akhirnya apip bermelaju dengan cepat untuk menuju bandung.
  7. Setelah 25 km
  8. Apip siswantoro :"Waduh kenapa nih, eh eh eh lah motornya mogok, apanya yang rusak saya check lah, kok tidak ada yang rusak kok, oh iya oli, benerkan olinya habis bener kata ade sayakan sudah berbulan tidak ganti oli... Merepotkan"

Cerita di atas mungkin pernah dialami sebagian pengendaran, mungkin karena faktor ekonomi, tapi saya tidak menyalahkan dia alangkah baiknya ganti oli itu harus teratur kalo tidak ingin motor merepotkan anda.

Menurut artikel dari website besar otomotif yaitu modifikas.co.id di artikel Waktu mengganti oli waktu yang tepat adalah 1 - 3 bulan sekali tergantung pemakainannya kalo 200-500km sebaiknya 1,5 bulan sekali, tapi itu tidak tentu.

karena dilabel oli yang kita beli dijawabkan untuk membeli sekitar 1500km - 4000km sekali. Untuk mengganti oli bisa kamu lihat di Panduan Mengganti oli.

2.Penggunaan bahan bakar Tidak Sesuai


Sering kali kita ini terpaku oleh harga murah, saya juga begitu, tapi kalo saya main motor paling buat berjalanan deket-deket, nah buat kamu harus pertimbangkan saat membeli bahan bakar harus sesuai kebutuhan jangan terpaku sama premium saja karena ada pepatah bijak berkata .
  1. Kamu kalah karena harga, tapi kamu menang karena waktu pemakaian
Pilihlah bahan bakar beroktan tinggi minimal 92 seperti pertamax karena memudahkan dicerna oleh mesin lihatlah grafik di bawah ini pertamax posisi kedua dengan kadar oktan 94.
daftar kadar oktan bahan bakar

Jadi kamu harus mempertimbangkan dengan baik jika mau memilih bahan bakar, saya di sini bukan promosi ya.

3. Tutup tangki tersumbat


Di dalam motor ada yang namanya selang tempat mengalirkan bahan bakar, yang disebut tutup tangki.
Ibarat sebuah hidung, jika hidung kamu disumbat 1 menit, pasti akan sesak nafas tapi disumbat 1 jam.. Langsung ke kuburan.
Jadi gunukankah ventilator yang bertekanan tinggi supaya bahan bakar bisa mengalir lancar.. Jadi harus diperhatikan kamu flu saja tidak bisa tidur, iya kan?

4. Komponen Pengapian yang mati


di dalam mesin motor atau mobil pasti ada komponen pengapian. Cara kerja sederhana api akan keluar dari busi terus membakar bahan bakar untuk mendapatkan gaya gerak dari ledakkan tersebut.
Kalo busi tidak bisa menyalahkan bunga api pistonpun tidak akan bergerak, jadi harus tetap diperiksa. Oh iya sebaiknya kamu baca Komponen sistem starter yang berfungsi mengatur sirtem pengapian. berikut ini ada daftar komponen pengapian.
  1. Busi : cara mengecheck busi adalah lepaskan busi lalu deketkan ke blok silinder lalu staster motor, jika apinya berwarna biru (bagus), jika apinya berwarna merah (rusak cepat diganti).. Hati-hati dalam mengechecknya
  2. Koil : Saya tidak mau menyimpulkan ini karena kalo salah berbahaya lebih baik anda check lewat mekanik saja
  3. CDI : sama seperti koil saya tidak mau menyimpulkan bebahaya jika salah bisa kesturum tingkat tinggi.

  4. 5. Mesin Yang terlalu panas


    mobil bensin diciptakan supaya tidak menerima panas yang berlebihan jika panas yang ditimbulkan berlebihan bisa merusak Komponen blok silinder yang terdiri dari piston, poros engkol, roda gila dan lain-lain kalo rusak ya mobil dan motor kamu tidak bisa jalan alias mogok.
    Tipsnya bisa kamu baca di artikel sebelumnya yaitu Memanaskan Mesin Motor Dan Tips ketika ingin menyalakan mobil sudah saya sampaikan secara detail jadi saya tidak akan menyampaikan ulang ya.

    6. Setelan kelep yang tidak tepat


    Setelan kelep yang tidak tepat akan membuat motor mendadak mogok karena celah keluarnya bahan bakar dari tangki ke ruang bakar terlalu rapat jadi saran saya ikuilah standar pabrik supaya motor tidak merepotkan kamu dijalan.

    7. Filter Udara yang Kotor


    Fungsi dari filter udara merupakan menyaring udara yang masuk ke ruang bakar supaya tidak bercampur dengan kotoran. Yang berakibat pada tarikan gas sepeda motor menjadi berat akan mendadak mogok. Tipsnya sering-seringlah mengecheck saringan udara jika kotor bersikanlah. Itu saja dari saya, terima Kasih

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

8 comments to ''Solusi Agar Motor Tidak Mogok di Jalan"

ADD COMMENT
  1. yg pertama nih yang kadang tidak saya perhatikan. Oli yg bagus apa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mas jika oli kering otomatis suhu mesin menjadi naik dan dapat menimbulkan overhead, alhasil mesin mati. Untuk oli yang bagus disesuaikan untuk motornya si mas, memang motor simasnya apa ya ?

      Delete
  2. Goodpost bro, saya verdyanza.cek blog saya
    ayoshare17.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. asli lah berguna banget tips nya. makasih ya gan :) semoga berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih , semoga bermanfaat :)

      Delete
  4. Bisa ditambahi satu lagi, gan?
    8. Motor anda ngambek karena jarang diberi sentuhan-sentuhan kasih sayang.

    Hehehehe.. Ini bagus, btw. Dan bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha ide bagus kenapa saya tidak kepikiran begitu ya pak hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM