News Ticker

Menu

Pengertian dan Ilustrasi Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak


Assalamu'alaikum sahabat PeQ, memiliki sebuah motor bermesin 4 tak tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri, terlabih jika motor tersebut adalah motor kesayangan. Jika kalian memiliki motor dengan mesin 4 Tak tersebut maka alangkah baiknya kalian juga memahami bagaimana cara kerja dari motor bermesin 4 Tak tersebut.

PENGERTIAN
Mesin motor 4 Tak adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah.

Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel. Untuk lebih memahami kinerja dari mesin 4 Tak ini, perhatikan ilustrasi animasi dibawah ini :


Siklus empat langkah pada mesin bensin. Gas masuk berwarna biru dan gas buang berwarna coklat. Dinding silinder berupa tabung pelapis tipis yang dikelilingi air pendingin.

Berikut adalah penjelsan dari masing masing tahap

TAHAP 1 :
pada tahp pertama ini piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka lalu katup keluar  tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas dari sebagian besar mesin bensin terhisap masuk kedalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.

TAHAP 2 :
Piston bergerak dari TMB ke TMA, pada posisi katup masuk dan keluar tertutup mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan pun (timing ignition) terjadi. Kejadian tersebut terjadi pada mesin bensin yang berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar.

TAHAP 3 :
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Pada langkah inilah mesin akan menghasilkan tenaga.

TAHAP 4 :
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.


Dari penjelasan tahap - tahap diatas mungkin kalian masih bingung dengan singkatan TMA dan TMB, berikut adalah penjelasannya :
  • → TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre): Posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
  • → TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre): Posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).

Nah, sekarang sudah mengerti kan bagaimana kinerja dari mesin motor 4 Tak ini? Bagi kalian yang menggunakan mesin 4 Tak alangkah baiknya lebih sering memberikan perawatan pada motor mesin 4 Tak tersebut.

Itulah infromasi mengenai "Pengertian dan Ilustrasi Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak", semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan gambaran kepada kalian mengenai kinerja motor mesin 4 Tak. Salam otomotif, sekian wassalamu'alaikum

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Pengertian dan Ilustrasi Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM