News Ticker

Menu

10 Ciri-ciri pengendara atau bikers yang baik

Ciri-ciri pengendara atau bikers yang baik

Ciri-ciri pengendara atau bikers yang baik-Salam otomotif, kemabli lagi pelengkapotomotif.com menghadirkan sebuah artikel menarik seputar tips otomotif untuk anda semua tentunya. Hari ini kita akan membahas seputar menjadi pengguna jalan yang baik itu bagaimana si, untuk itu yuk mari kita simak langkah-langkah yang benar dalam berkendara dijalan raya. Karena berkendara sesuai aturan akan membuat pengguna jalan lain nyaman, dan tentunya mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kalau taat peraturan.

Ciri-ciri pengendara atau bikers yang baik :


1. Menyalakan sein saat berbelok



Berdasarakan pengalaman sehari-hari sering saya lihat pengendara yang lupa menyalakan sein bahkan menyalakan sein terbalik saat akan berbelok. Hal ini menjadi kesalahan fatal tentunya, karena yang dibelakang tidak dapat membaca arah gerakan anda mau berbelok kemana kalau tidak menyalakan sein, apa lagi sampai terbalik. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kecelkaan.


2. Selalu menengok kanan kiri saat menyeberang jalan 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada pengendara lain dari arah yang berlawanan. Jadi saat menyeberang jalan lebih aman. Jangan nyelonong saja, itu menandakan anda kurang waspada. 

3. Berhenti dibelakang zebra cross saat lampu merah

Jangan malah berhenti pas zebra cross, apalagi didepan zebra cross, tentu hal ini kurang baik selain anda akan ditilang pilisi juga melanggar aturan lalu lintas berkendara yang baik. 

4. Tidak melanggar markah jalan

Sering saya lihat banyak sekali pengendara yang melanggar markah jalan, terutama saat menunggu didepan palang kereta api. Seluruh jalan penuh dengan kendaraan ntah yang searah maupun dari arah yang berlawanan, lantas bagaiamana mau lewat hehe. 

5. Bunyikan klakson saat akan menyalip kendaraan lain

Kelihatannya sepele membunyikan klakson, tapi hal ini harus anda lakukan saat menyalip kendaraan aplagi menyalip kendaraan besar seperti truk dan bus. Fungsinya untuk memberi tahu bahwa kita ingin mendahului, sehingga yang akan didahuli memberi jalan dengan mengurangi sedikit kecepatan. 

6. Sein kanan saat mendahului

Sama seperti klakson tadi untuk memberi tahu bahwa kita akan mendahului, hanya saja ini berbeda. Jika klakson untuk memberi tahu yang akan didahului maka sein kanan saat akan menyalip untuk memberi tahu pengendara lain yang berlawanan arah dan dibelekang kita. Sehingga yang datang dari arah berlawananpun mengurangi kecepatan atau minggir sedikit memberi jalan. Dan yang dibelakang kita juga tidak malah ikut menyalip kita, tetapi menyalip kita dengan mengikuti sehingga tertib dan aman. 

7. Jangan mendahului ditikungan

kalau menikung kekanan dan jalanan tidak terhalang pandangannya boleh saja mendahului jika dirasa aman. Namun saat menikung ke kiri sebaiknya jangan mendahuli karena kita tidak tahu ada pengendara lain atau tidak dari arah yang berlawanan karena pandangan terbatas, kecuali mendahuli sesama pengendara motor hehehe

8. Kurangi kecepatan saat menikung

Pastinya mengurangi kecepatan saat akan menikung, beri jeda sesaat sebelum tikungan. Karena ditakutkan ada kerikil atau jalanan basah terkena air sehingga licin dan bisa tergelincir. Selain itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

9. Membunyikan klakson saat  tikungan 

Kalau dikampung saya hal semacam ini untuk permisi terhadap makhluk mistis penunggu jalan, apalagi kalau jalanannya ditengah hutan hehe. Tidak si sebenarnya sama, hal ini harus anda lakukan untuk memberi tahu pengendara lain yang dari arah berlawanan. Dengan begitu pengendara lain mengetahui kehadiran kita dan saling berhati-hati. 

10. Memakai helm dan membawa surat-surat kendaraan

Ini sangat penting memakai pengaman saat berkendara, selain itu surat-surat juga harus lengkap agar tidak berurusan dengan pihak berwajib.  

Sepertinya itu dulu, kalau ada yang ingin menambahkan silahkan tulis saja dikotak komentar untuk memberi tahu yang lain bagaimana cara berkendara yang baik. Berbagi pengalaman itu penting, maka jangan sungkan untuk berbagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga selamat sampai tujuan. Selalu berdo'a terlebih dahulu ketika ingin bepergian. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Salam otomotif. 

Baca juga : 

"Hal yang ditakutkan jika touring melewati tempat terpencil yang jauh dari kota"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

3 comments to ''10 Ciri-ciri pengendara atau bikers yang baik"

ADD COMMENT
  1. ane masih masuk diantara ciri ciri tsb ya
    mampir jga gan ke Perpustakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau masih masuk, jadi dalam berkendara itu harus patuh lalu lintas dan berhati=hati

      Delete
  2. Comfortable, stylish and tarnish proof heavy silver motorcycle skull jewelry or even a steel skull pendant is an affordable buy with prices typically beginning at $75 and going up to $100 and above, depending on the dimensions, weight and detailing of the pattern. motorcycle shipping

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM