News Ticker

Menu

Cara merawat motor matic yang baik dan benar

Cara merawat motor matic yang baik dan benar  

 Cara merawat motor matic yang baik dan benar-Salam otomotif, yah kita bertemu kembali di blog ini sepertinya bosan ya ketemu saya terus hihi, jangan pernah bosan okey sahabatku. karena Pelengkap otomotif akan menghadirkan tips menarik bagi anda yang menggunakan sepeda motor, khususnya matic. 

Diartikel sebelumnya, kan saya hanya membahas motor matic yang direkomendasikan, setelah merekomendasikan tentu saja saya berbaik hati dengan memberikan tips cara merawatnya. Okey langsung saja, kalau ingin kendaraan motor matic anda selalu sehat maka jangan lupa rawatlah 5 komponen berikut ini :

1.Busi

Busi merupakan komponen vital untuk semua kendaraan motor bensin, ya tanpa busi dipastikan kendaraan tidak akan nyala sekalipun aki baru dan bensin full. Jadi kalau busi sudah kotor mengakibatkan pengapian tidak sempurna. Untuk penggantian busi dilakukan setiap 8.000 km idealnya si atau bisa dibilang rekomendasi.

2. CVT

CVT merupakan penggerak utama pada motor matic untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda. Jika CVT kotor akan membuat motor matic anda terasa berisik dan tentunya tidak nyaman. Hal yang harus diperhatikan adalah komponen roller, V-belt dan kampas kopling. 

3. Kampas rem

Komponen dimana berguna sekali untuk menyelamatkan hidup anda dalam perjalanan yaitu rem. Jika kampas rem sudah tipis, biasanya akan memakan disk. Jika disk sudah termakan, pengereman kurang maksimal dikarenakan cakram sudah tidak rata lagi, belum piston bisa jebol. 

4. Filter udara

Mesin itu butuh yang namanya asupan udara bersih, sama seperti kita. Oleh karena itu kendaraanpun dilengkapi dengan penyaring udara yang diberi nama filter udara. Jika filter udara kotor, bukan tidak mungkin motor anda akan batuk-batuk tidak karuan. Pengapian menjadi tidak sempurna tenagapun jadi tidak ada. 

5. Ban

Nah salah satu yang harus diperhatikan selanjutnya adalah ban. Ketika ban sudah terlalu tipis bukan tidak mungkin menginjak kerikil tajam saja langsung meledak. Bayangkan jika meledaknya dalam kondisi kencang, bisa fatal akibatnya. 

Itulah kelima pelengkap kendaraan motor matic yang harus dicek secara berkala. Perhatikan keamanan dan kenyamanan pengendara. Jangan sayang-sayang kepada uang kalau tidak ingin nyawa melayang. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Salam otomotif. 

Baca juga : 

"Cara membuka filter ac Suzuki Karimun untuk dibersihkan atau diganti dengan yang baru"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Cara merawat motor matic yang baik dan benar "

ADD COMMENT
  1. bang mau tanya, kalo mesin motor kayak nge gas terus itu kira2 kenapa ya?
    honda beat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya permasalahan distatsioner atau kabel gasnya mas. lebih baik bawa kebengkel saja

      Delete
  2. Tips ini sepertinya bisa digunakan untuk mesin motor metic 110 cc ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sekali mas, untuk semua motor matic mas

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM