News Ticker

Menu

Akibat mengisi bbm tidak sesuai dengan spesifikasi mobil

Akibat mengisi bbm tidak sesui dengan spesifikasi mobil

Akibat mengisi bbm tidak sesui dengan spesifikasi mobil-Selamat datang kembali di pelengkapotomotif.com blog sederhana yang mencoba menghadirkan sajian otomotif untuk membantu sahabat otomotif dalam menangani troubel pada kendaraannya sendiri saat darurat. 

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya Saliman seperti biasa mengambil tema "Akibat mengisi bbm tidak sesui dengan spesifikasi mobil" yang bersumber dari kompas.com. Okey langsung saja kita bahas ya sahabat otomotif sekalian. 

Pernahkan anda mendapati lampu indikator check mobil anda terus menyala, padahal beberapa hari sebelumnya tidak ada gejala maupun tanda-tanda yang mengindikasikan sensor indikator rusak. Ya benar tidak selalu lampu indikator menyala itu akibat sensor rusak, bisa jadi anda salah mengisi bahan bakar. Loh kok salah isi bahan bakar ?, iya , karena setiap mobil mempunyai spesifikasi berbeda-beda tidak semuanya cocok. Dari mulai kekentalan oli sampai bahan bakar itu setiap mobil berbeda. 

Contoh ketika mobil memiliki spesifikiasi bahan bakar dengan RON 92, tapi anda mengisinya dengan bahan bakar yang mempunyai RON 88 itu tidak sesui dan akan terdeteksi oleh sensor yang memantau kadar bakar 'rich' atau 'lean' pada kendaraan. Sensor tersebut bernama sensor 02 (oksigen). Jika tidak sesusi maka indikator engine checkpun akan menyala. Akibatnya apa ?

Akibatnya ya sensor yang tadinya baik-baik saja, malah akan menjadi rusak karena bahan bakarnya tidak sesui. Terutama yang akan kena pertama kali adalah sensor pendeteksi "ngelitik", sensor MAF akan terganggu, sensor injeksi juga sama, dan terakhir sensor air flow meter. Nah banyak juga kan sahabat otomotif yang akan rusak akibat pengisian bahan bakar yang tidak sesui.

Maka dari itu, isilah bbm yang sesui dengan spesifikasi mobil anda, mahal tidak masalah yang penting komponen-komponen mobil awet. Malah kalau melihat kerusakan beberapa sensor diatas biayanya akan lebih mahal loh. Untuk itu safe mobil anda dengan bahan bakar berkualitas. Semoga bermanfaat ya sahabat otomotif sekalian, terima kasih telah berkunjung, sampai bertemu kembali. Saya Saliman sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih, salam otomotif.

Baca juga : 

"Aturan penggunaan lampu kabut dalam undang-undang"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Akibat mengisi bbm tidak sesuai dengan spesifikasi mobil"

ADD COMMENT
  1. apakah ada langkah supaya kita tahu jenis bbm yang sesuai dengan kendaraan kita sebelum tuh bbm kita pakai??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mudah di kita melihat spesifikasi kendaraan kita terlebih dahulu baik melalui internet maupun dari buku panduan manual dari dealer

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM