News Ticker

Menu

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft-Selamat datang di pelengkapotomotif.com, dimana anda dapat menemukan ilmu-ilmu yang bermanfaat tentang otomotif pastinya. Nah kali ini saya akan mencoba membahas tentang perbedaan motor yang menggunakan penggerak roda dengan rantai, belt, maupun dengan shaft. Mau tahu, yuk mari kita simak. 

Dikutif dari you tube, ternyata ada 3 jenis penggerak pada motor didunia ini, saya kira malah hanya 2 saja. Sekarang jadi tahukan sahabat otomotif yang berbahagia. Mari kita mulai dari yang pertama, yaitu rantai 

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Motor dengan penggerak rantairupanya sudah tidak sing sekali, karena di Indonesia sendiri banyak jenis motor yang menggunakan rantai. Keunggulan motor yang menggunakan rantai tentu saja untuk menghemat hilangnya tenaga yang dihailkan oleh mesin. Walau tenaga yang hilang dari mesin itu kisaran 5% sampai 10%. Namun motor dengan penggerak rantai sangat unggul untuk akselerasi dan top speed. 

Akan tetapi motor dengan penggerak rantai pemiliknya harus rajin untuk membersihkan. Letaknya yang diluar gampang sekali kotor terkena lumpur maupun debu jalanan yang membandel. Belum kalau misal rantai melumasinya menggunakan oli, beh lengket abis. Untuk selanjutnya ada motor yang menggunakan belt/karet.

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Belt di Indonesia sendiri lebih banyak digunakan motor jenis matic, selain motor matic yang menggunakan belt motor besar seperti Harlie Davidson  menggunakan karet/betl. Motor dengan penggerak belt sangat cocok untuk touring karena memiliki kanyamanan yang lebih dibanding rantai. Akan tetapi disisi tenaga, rupanya penggunaan belt akan memangkas tenaga yang dihasilkan mesin kira-kira sebesar 20%. 

Ya untuk perawatannya sendiri, belt tidak perlu sering-sering seperti halnya rantai. Akan tetapi lagi-lagi sekalinya service motor dengan penggerak belt anda diharuskan merogoh kocek lebih dalam lagidibanding rantai. Itu karena harus membongkar ruang CVT dan membersihkannya. 

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Yang terakhir ada motor dengan penggerak shaft, kalian semua pasti jarang kan melihat motor-motor yang ada di Indonesia menggunakan penggerak Shaft, ya termasuk saya jarang lihat malah baru tahu hehehe. Motor yang menggunakan penggerak ini tak lain adalah motor dengan kapasitas mesin besar (moge). 

Penggerak shaft merupakan penggerak roda yang menghubungkan antar gear. Mungkin lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini :

Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft

Itulah gambaran untuk Shaft. Shaft sendiri lebih banyak digunakan pada kendaraan besar, ya seperti truck sajalah mungkin gampangnya itu ya, soalnya susah cari motor dengan penggerak shaft dijalan Indonesia hehe. 

Keunggulan shaft sudah tentu terletak pada kekuatan, namun untuk akselerasi kurang joss jika dibandingkan dengan rantai serta kapasitas mesin yang sama. Itu karena shaft memangkas tenaga yang dihasilkan mesin sekitar 30%. Nah untuk jelasnya mari kita lihat videonya.



Setelah melihat ketiganya, mungkin anda bisa menentukan mana yang lebih bagus, atau mungkin karena rantai dan belt sudah biasa, anda jadi ingin membeli motor dengan penggerak Shaft. Semoga artikelnya berguna bagi anda semua. Pokoknya ikuti selalu Pelengkap otomotif untuk melihat perkembangan teknologi otomotif selanjutnya. Salam otomotif.

Baca juga : 

"Jangan gunakan oli untuk pelumas rantai motor apalagi oli bekas, yuk cari tahu sebabnya"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Perbedaan motor dengan penggerak rantai, Belt, dan Shaft "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM