News Ticker

Menu

Jangan berpatokan pada jarak pemakaian standard oli pabrikan

Jangan berpatokan pada jarak pemakaian standard oli pabrikan

Pelengkapotomotif.com-Salam Pelengkap Otomotif, ketemu lagi bersama saya Saliman, saya suka sekali dengan yang namanya otomotif, oleh karena itu saya akan terus belajar yang berhubungan dengan otomotif. Kali ini saya akan memberi info menarik seputar oli mesin dengan solusi terbaik tentunya. 

Okey sahabat Pelengkap otomotif yang saya hormati, anda semua pasti memiliki kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4, dan itu semua membutuhkan yang namanya oli sebagai pelumas mesin. Namun bagi anda yang mempunyai kendaraan roda 4 dengan penggerak belakang pasti membutuhkan 3 jenis oli. Mau tahu apa saja yang dibutuhkan untuk kendaraan berpenggerak roda belakang. 

Yang pertama Oli gardan, yupss oli gardan perlu diperhatikan untuk penggantiannya, yaitu dengan jarak lebih kurang 15.000 km sampai 20.000km. Oli gardan sendiri terdapat pada mobil penggerak roda belakang. Untuk oli gardan umumnya memakai viskositas yang memadai seperti 80w90 lebih baik, terlebih jika menggunakan GL-5. 

Yang kedua ada oli perseneling, untuk oli perseneling sendiri semua jenis mobil memilikinya tak terkecuali mobil dengan penggerak depan maupun belakang ataupun 4WD depan belakang. Namun perlu anda ketahui oli perseneling terdiri dari 2 jenis oli perseneling manual dan automatic. Untuk oli manual jenisnya sama seperti gardan 80w90, namun jika ingin yang lebih soft gunakan 80w saja atau single grade. 

Namun ada pengecualian untuk oli perseneling manual mobil keluaran HOnda dan Isuzu dimana menggunakan oli mesin untuk persenelingnya bisa menggunakan 10w40, 5w50 terserah yang penting oli mesin karena celahnya yang sangat sempit untuk mobil Honda dan Isuzu.

Kemudian untuk oli perseneling matic terdiri dari oli ATF, TIV, WS, dan CVT dimana masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda dan tidak boleh sembarang pakai. Kecuali TIV diganti ATF tidak masalah kalau yang lain harus sesui spesifikasi mobil masing-masing. 

Yang terakhir untuk oli mesin, semua oli mesin bisa digunakan untuk kendaraan matic maupun manual, namun oli mesin juga dibagi menjadi 2 bensin dan diesel. Untuk spesifikasi paling bagus oli diesel yaitu CRDI. Sedangkan kalau untuk gasonline itu ya spesifikasinya yang bagus mempunyai API SN dengan teknologi full synthetic. 

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa standar oli pabrikan dengan teknologi synthetic hanya mempunyai jarak pemakaian mencapai 5000 km, full synthetic 10.000 dan mineral hanya 3.000 km. Tapikan itu standard Japan yang bebas macet untuk kondisi jalannya, hal ini tentu sangat cocok jika dipakai didaerah kampung maupun pedesaan yang bebas macet. namun bagaimana untuk daerah perkotaan apakah tetap sama dengan standard pedesaan. 

Tentu saja jangan, alesannya karena wilayah kota itu sangat padat kendaraan dan sering macet, bila berpatokan pada km pasti anda akan telat mengganti oli, sedangkan oli itu sendri selalu melusmasi mesin yang menyala dalam kemacetan, sedangkan km tidak berjalan. Jadi lebih baik untuk yang full synthetic penggunaanya antara 7.500-8.500 km harus ganti. Inti artikel kali ini yaitu beda kondisi wilayah beda pemakaian jarak tempuh ya sob. 

Okey semoga artikel ini bermanfaat, jika suka like dan bagikan ya sob agar manfaatnya tersampaikan kepada banyak orang kan dapat pahala hehe. Ikuti terus Pelengkap Otomotif untuk mendapatkan info terbaru seputar otomotif. Saya saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, sampai bertemu kembali. Salam otomotif.

Baca juga : 

"Harga Shell spirax astra 80w90 oli gardan dan perseneling terbaru dari Astra"

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Jangan berpatokan pada jarak pemakaian standard oli pabrikan "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM