News Ticker

Menu

Cara mengatasi seal rantai keteng yang rembes pada motor tiger

Cara mengatasi seal rantai keteng yang rembes

Pelengkapotomotif.com-Salam otomotif, jumpa kembali bersama blog terbaik, blog seputar otomotif yang mengangkat tema dari pengalaman sehari-sehari. Jika kalian anak otomotif segera ikuti blog yang satu ini untuk dapat mengikuti perkembangan dunia otomotif. Okey langsung saja, beberapa hari yang lalu saya mendapati motor saya ini agak kurang sedap dipandang, terutama bagian mesin. Kenapa, karena pada bagian mesin, tepatnya tutup rantai keteng sedikit basah. Kemudian saya mencoba mencari tahu keberbagai bengkel. 

Katanya itu masalah seal rantai keteng yang sudah mulai aus karena jarang melakukan service kata salah satu mekanik bengkel. memang jujur saya akui kalau motor saya itu jarang service, hanya saja untuk oli tidak pernah telat untuk menggantinya. Kemudian saya mencoba mencari partnya yang asli yaitu seal rantai ketengnya. Beberapa bengkel saya datangi, namun semuanya tidak ada, atau kebanyakan kosong. Tutur salah satu mekanik bengkelnya karena jarang sekali Honda Tiger itu rembes untuk bagian tutup rantai ketengnya. 

Dan akhirnya saya datang kebengkel terakhir, karena waktu saya terbatas juga si untuk siang itu. Dan rupanya disitu ada, tapi sayangnya untuk seal tutup rantai ketengnya saja tidak tersedia, adanya satu paket seal mesinnya. Untuk haraga, sebenarnya tidak terlalu mahal cuma Rp 45.000, tapi untuk apa saya hanya butuh seal rantai ketengnya saya. Karena saya merasa mubasir kalau harus membelinya, saya tidak jadi membeli satu set sealnya. Waktu mau pulang  saya dipanggil oleh salah satu mekanik yang melayani saya tadi, kata dia cukup dilem saja menggunakan Threebond. 


Kalau hanya rembes begitu kan tidak bakal kurang oli mesinnya, kecuali yang rembes baut olinya, saya pun pakai lem itu kalau rembes katanya. Nah sampai dirumah kemudian saya menyiapkan kunci T 8 untuk membongkar kedua baut tutup rantai keteng  tersebut. Setelah terbongkar saya olesi sekeliling baut baigan dalam dengan Threebond, diamkan selama 1 menit agar kering. Oh iya kalau lem sudah kering maka akan beruabh menjadi lapisan karet yang tahan terhadap panas sampai 150 derajad. 

Kemudian setelah kering saya pasang dan kencangkan kedua baut itu sampai benar-benar kencang dan dalam posisi pas tentunya. Lap bagian yang basah oleh oli yang rembes tadi, untuk mempermudahkan kita mendeteksi jika kemudian hari rembes lagi. Tapi setelah beberapa hari saya coba menyalakan mesin  untuk berkeliling , ternyata memang ampuh tidak ada rembes lagi. 

Yah cukup bermanfaat bagi saya ini, lem dengan harga Rp 18.000 dapat digunakan untuk beberapa kali saja, bisa juga untuk menambal tabung gas yang bocor maupun pipa yang bocor. Sementara cukup sampai disini, jika suka dengan artikel ini like dan share. Ikuti terus pelengkapotomotif.com untuk mendapatkan informasi terbaru selanjutnya seputar otomotif. Salam otomotif, 

Baca juga : 

Keuntungan mesin Honda Tiger yang susah dihidupkan saat dingin


Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Cara mengatasi seal rantai keteng yang rembes pada motor tiger "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM