News Ticker

Menu

Tips merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik

Tips merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik

Tips merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik-
Selamat datang kembali di Pelengkap Otomotif, blog yang membahas seputar Otomotif tentunya. Jika kalian pecinta otomotif maka tidak akan salah anda berkunjung kemari, sajian otomotif yang ringan serta enak dibaca ya hanya di Pelengkap Otomotif.

Hallo bro sudah makan belum?, kalau belum makan dulu sana sebelum membaca artikel ini. Jangan membaca sambil makan tidak baik loh hehe. Okey kemarin kita telah membahas seputar cara memilih aki yang baik, nah sekarang kita membahas cara merawat aki yang baik itu bagaimana si. Loh tapikan Pelengkap Otomotif kemarin belum membahasa cara memasang aki ko tiba-tiba langsung membahas tips merawat aki. 

Sebenarnya Pelengkap Otomotif sudah pernah membahasnya mengenai cara memasang aki yang baik dan benar. Namun tak aplah kini akan saya cantumkan kembali artikel cara memasang aki mobil yang baik dan benar. 

Nah langsung saja ini di langkah-langkah memasang aki mobil yang baik dan benar:

  • Siapkan kunci-kunci yang diperlukan
  • Siapkan vender cover jika tersedia
  • Buka kap mobil
  • Pasang vender cover
  • Buka kepala negatif
  • Buka Kepala Positif
  • Buka pengunci aki atau breket
  • Angkat aki lama
  • Pasang aki baru
  • Pasang breket dan kencangkan
  • Pasang kepala Positif, kencangkan
  • Pasang kepala negatif, kencangkan
  • Cek ulang pastikan semuanya kencang dan aman
  • Nyalakan mesin dan tes aki dengan multi tester atau alat sejenisnya.
  • Lepas vender cover
  • Tutup kap mesin
  • ok

Nah setelah melakukan pemasangan aki alangkah baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu. Dalam pengecekan itu meliputi saat start dan pengisian altenator ke aki/dinamo ampere. Terus bagaimana pengisian dinamo ampere yang normal kisaran berapa ya...?, okey akan saya jawab. 

Untuk Ukuran standard pengisian dinamo ampere ke aki/battery adalah 13.00-14.80 Volt. Jika pengisian dibawah 13 volt maka yang akan terjadi semua aksesoris akan mengambil arus dari aki. Otomatis aki menjadi drop karena pengisisan lebih kecil dari pada pemakaian. Namun sebaliknya, jika pengisian 14.90 volt itu juga tidak bagus, karena terlalu besar. Katika pengisian terlalu besar yang terjadi aki akan menjadi gembung seperti ibu-ibu hamil. Hal ini karena kebesaran arus yang masuk. 

Setelah mengetahui standard pengisian aki, lanjut reaksi aki pada saat melakukan start. Berapa si ukurannya. Pada saat sebelum start aki pada mobil kan dalam posisi normal yaitu 12 Volt. Ketika digunakan untuk mengankat dinamo start secara otomatis voltase aki akan berkurang, namun berkurangnya voltase pada saat melakukan start ada batasan normalnya. Ciri-ciri aki normal yang baik untuk melakukan start adalah turun dari 12 volt ke 9 volt. Itu si titik paling bawah, normalnya akan turun kisaran 9-11 volt. Jika saat aki baru distart kurang dari 9 volt kemungkinan dapat terjadi 2 kemungkinan entah akinya kualitasnya jelek atau dinamo startnya kotor sehingga bebannya terlalu berat. Ini untuk ukuran mobil bensin sedangkan untuk titik bawah diesel yaitu 8 volt. 

Bagaiamana sudah mengertikan cara memasang aki, kalau sudah mari kita membahas mengenai cara merawat aki itu sendiri. Untuk merawat aki sebenarnya mudah, namun terkadang kita lupa untuk merawatnya, itulah yang berat hehhee. Cara parawatan aki ini berlaku utuk semua jenis aki, namun hybrid dan premium lebih diutamakan karena tergolong aki basah. 

Inilah cara merawat aki mobil:

1. Selalu cek voltase

Ini keadaan yang umum untuk keberlangsungan mobil agar dapat melakukan voltase. Jika memang terpaksa voltase turun segera mungkin cas aki dibengkel atau tempat anda beli aki.

2. Nyakan mesin setiap pagi

Ini akan berguna sekali untuk pengisian aki agar voltase selalu terjaga. Selain itu kelistrikan mobil juga tetap normal karena selalu mendapat pemanasan. Cukup nyalakan mesin 5-10 menit setiap hari

3. Siram kerak kepala aki dengan air panas

Hal ini dilakukan ketika terlihat putih-ptih dikepala aki, hal ini dapat menyebabkan kepala aki korosi dan akhirnya rapuh serta keropos. Cukup masak air hinggamendidih lalu siramkan ke kutub kepala aki berkerak, maka seketika kerak luntur dan kepala aki menjadi bersih kembali.

4. Cek air aki

Ini sangat penting ya, jika air aki berkurang otomatis sel-sel aki menjadi kering. Saat kering terjadi pengisian maka sel menjadi panas dan dapat menyebabkan ledakan. Namun ketika sel kering dan anda menambahkan air aki, sel akan hancur biasanya menyebabkan aki menjadi rusak atau berkurang umurnya. Langkah terbaik untuk menghindari hal itu adalah dengan cara memperhatikan kondisi air aki selalu cukup diantara lower dan upper.

5. Bersihkan body aki

Kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Bersihkan selalu kotoran yang menempel didinding aki. Selain terlihat indah pastinya akan membuat umur aki bertambah dan menambah nilai perawatan jika bersih.
Kira-kira seperti itulah untuk merawat aki., gampangkan hehhee. 

Namun jika pengendaranya atau yang punya cewek pastinya gak mau tahu akan hal ini.Jadi saya sarankan untuk para cewek menggunakan aki mantenance free atau akai bebas perawatan supaya tidak terlalu ribet. Okeylah kalau begitu Pelengkap Otomotif pamit undur diri, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Ikuti selalu Pelengkap Otomotif.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Tips merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM