News Ticker

Menu

Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai

Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai

Salam otomotif...

Hei-hei dari mana saja nie min, dah jarang banget terlihat nie. Maaf sahabatku baru muncul nie kepermukaan dikarenakan sibuk,sibuk dan sibuk dengan urusan pekerjaan off line. Memang sudah terlalu lama tidak update, malah sampai sekarang dibulan Desember belum ada postingan terbaru satupun. 
Namun jangan khawatir, pelengkap otomotif selalu ingat dengan kalian semua. Oleh karena itu hari ini juga pelengkap otomotif akan mempersembahkan satu artikel menarik yang sangat bermanfaat bagi pecinta kendaraan roda dua.

Dan pastinya semua orang mempunyai kendaraan roda 2 ini, termasuk yang tidak suka dengan otomotif harus diperhatikan untuk artikel yang satu ini. Baik tidak perlu basa-basi terlalu panjang. Untuk menebus kesalahan beberapa waktu terakhir ini, sebagai gantinya pelengkap otomotif akan membahas mengenai "Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai"

Memasuki bulan November,cuaca mulai menunjukkan perubahannya kepada kita semua. Yang semula terlihat terik, sesekali terlihat mendung dan turun hujan. Walau tidak deras, namun hal ini secara tidak langsung akan merubah aktifitas harian kita mulai saat ini. Yang tadinya berangkat kerja tidak membawa mantel, mulai sekarang siapkan didalam tas. Sedia payung sebelum hujan. 

Tak terasa bulan november telah selesai, dan berganti ke bulan Desember atau dapat dikatakan akhir tahun. Dibulan desember ini, cuaca terlihat dominan dengan curah hujan yang lebat. Bukan hanya sedia payung sebelum hujan, namun sekarang sudah harus dipakai setiap hendak berangkat kerja atau beraktifitas. Karena jadwal turun hujan yang semakin lebat. 

Kendaraan mulai dipersiapkan, cek semua kondisi komponen. Berbicara pengecekan komponen kendaraan bermotor, telah dibahas diartikel sebelumnya. Mungkin artikel kali ini bertugas untuk menambahkan saja. Komponen penting selanjutnya yang harus mendapat perhatian lebih adalah rantai.

Rantai merupakan komponen kendaraan roda 2 yang sangat vital, mengapa dikatakan vital?, karena rantai adalah penggerak utama roda dan menjadi kunci keselamatn teman-teman semua. Jika rantai tidak diperhatikan, mungkin akan membahayakan sang pengemudi.Karena dengan kondisi rantai yang kotor dan kering dapat meyebabkan putusnya rantai dalam kecepatan tinggi. 

jika hal itu terjadi pengendara akan baik-baik saja rantai berbaik hati putus dan keluar dari gear. namun sebaliknya akan menyebabkan kecelakaan jika rantai putus dan mengunci gear. Pasti pengendara akan terlempar jauh keluar jalan, dan dapat dibyangkan seperti apa.

Maka dari itu rawatlah rantai teman-teman semua agar aman dan nyaman ketika dipakai. Beginilah cara merawat rantai yang baik.

1. Cuci menggunakan sabun

Dengan mencuci rantai setelah terkena air hujan atau debu dan pasir. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai dan menghindari karat. 

2. Sikat

Ketika dicuci tidak menghilangkan kotoran membandel, maka ambilah sikat gigi yang tak terpakai atau sikat apalah, yang penting dapat menggosok rantai hingga mengkilap.

3. Atur kekencangan rantai

Boros dan tidaknya umur rantai juga dipengaruhi oleh kekencangan rantai, jika rantai terlalu kendor sudah dapat dipastikan akan mudah lepas dan itu membahayakan. Sebaliknya ketika rantai dalam kondisi terlalu kencang akan mudah putus. 

4. Pelumasan

well, cara untuk menjaga keausan rantai adalah melumasi rantai dengan pelumas terbaik. Pilihlah oli yang baik untuk melumasi, jangan pakai oli bekas karena oli bekas mengandung gram-gram sisa pembakaran dan itu sangat kotor. Gunakanlah chain lube bila perlu.

Sedikit ya mengenai tips kali ini, pendek tapi semoga membantu mengingatkan betapa pentingnya keselamatan teman-teman semua dalam berkendara. Selain itu semoga pecinta pelengkap otomotif selalu bahagia, karena mulai saat ini dipastikan ada tips terbaru dan bermanfaat tentunya. Saya seaku admin blog ini menerima kritik dan saran, bahkan menerima reques artikel. Jika tertarik dapat reques dan komentar dibawah, terima kasih.

Sumber: Saliman





Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM