News Ticker

Menu

Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor

Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor


Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor-Sahabat Pelengkap Otomotif yang saya cintai dan hormati, ketemu lagi akhirnya setelah sekian lama tidak update mengenai perkembangan otomotif terkini. Tapi Pelengkap Otomotif tidak ingin membahas yang berat-berat kali ini. Tema ringan namun bermanfaat bagi teman-teman semua yeng ingin bepergian keluar kota menggunakan kendaraan bermotor.

Apa saja si yang harus dipersiapkan, ini dia kita mulai dari diri kita sendiri yang prima pastinya, sediakan obat-obatan yang diperlukan kalau memang teman-teman membutuhkannya dan bawa vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

Setelah kondisi teman-teman prima, tinggal motornya yang perlu diperhatikan dan bawa kelengkapan lainnya, sebagai berikut:
  1. Rem, rem merupakan komponen pada semua kendaraan baik bermotor maupun non motor. Rem sendiri merupakan komponen sebagai penunjang keselamatan vital. Periksalah kampas rem terlebih dahulu, jangan sampai kehabisan kampas remnya bisa berabe ntar.
  2. Ban, ban juga penting untuk kita perhatikan mulai dari tekanan angin dan ketebalan ban. Karena ban yang kempes akan membuat motor menjadi berat saat akselerasi dan ketidak stabilan saat menikung. Begitu juga dengan keausan roda akan sangat berbahaya jika ketika melewati jalan licin dan mengeremnya. Jadi ban harus diperhatikan juga
  3. Oli, adalah pelengkap kendaraan yang berfungsi untuk pelumasan gear terutama bagian mesin. Keawetan mesin salah satunya adalah pergantian oli secara rutin. Apalagi teman-teman akan melaksanakan perjalanan yang jauh sampai keluar kota, maka pastikan oli telah diganti dengan yang baru.
  4. Bensin, ini sepele namun ketika teman-teman melakukan perjalanan malam dan melewati tempat yang sepi misal tidak ada tukang jualan bensin. Disaat itu motor berhenti gara-gara kehabisan bensin, kan bisa berabe urusan.Maka dari itu perikasalah bensin sebelum bepergian apalagi dengan jarak yang jauh.
  5. Surat-surat kendaraan, bagi yang nantinya tidak ingin berurusan dengan Polisi diharapkan membawa surat-surat kendaraan yang lengkap seperti: STNK dan SIM serta KTP untuk jaga-jaga. Apalagi perjalanan siang pasti banyak sekali razia.
  6. Kunci-kunci, jalanan banyak sekali yang rusak hingga body motor kita pasti bergetar terus menerus. Baut dan mur pasti banyak yang kendor. Tak inginkan gara-gara masalah sepele perjalanan terganggu. Dengan menyiapkan kunci-kunci dan obeng mungkin akan dapat membantu ketika motor mengalami kerusakan yang kecil gara-gara mur lepas.
  7. Uang, hidup untuk uang kadang sebagian orang berkata begitu. Memang uang bukan segalanya namun segalanya butuh uang itulah kata-kata bijak yang sering terucap. Memang benar dalam persiapan berkendara jauh pastikan anda membawa uang. Ini untuk antisipasi teman-teman mengalami kejadian-kejadian yang tdak diinginkan semisal: ban bocor, bensin habis, lapar dan sebagainya.
  8. Hand Phone, wajib sekali, jangan sekali-kali teman-teman pergi meninggalkan hand phone. Kerena jika memerlukan bantuan dapat menghubungi teman, kerabat ataupun Polisi jika memang keadaan gawat.
Itu 7 persiapan yang harus dilakukan. Tak banyak bicara mungkin itu sedikit tips untuk berkendara luar kota yang jaraknya cukup jauh. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Ikuti selalu Pelengkap Otomotif dan jangan lupa Join Site untuk mengikuti perkembangan dari Pelengkap Otomotif .
Salam Otomotif.


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

6 comments to ''Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor"

ADD COMMENT
  1. Replies
    1. iya mas kita harus mempersiapkan semuanya untuk perjalann jauh

      Delete
  2. Yapzz bneer bgeet gan
    Kitaa harus sedia payung sblum hjan , apalgi klo yg perjalanannya jauh bget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas persiapan mudik keluar kota dengan jarak yang jauh harus dipersiapkan kondisi tubuh dan kendaraan kita maas

      Delete
  3. Dompet jangan lupa dicek ya...hwehehehe

    Yang Doyan main capsa susun
    Yang Jago main capsa susun

    Atau yang mau jadi Bandar di capsa susun
    Atau mau adu tangkas di capsa susun dengan Side Bet antar pemain

    Silahkan kunjungi www.lapak303.com permainan bandaran capsa susun

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya dompet segala macem cek semua biar tidak ada yang ketinggalan waktu bepergian keluar kota he

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM