News Ticker

Menu

3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti

3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti

3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti-Hai sahabat otomotif yang selalu dihati, tunjukan semangat anda untuk merawat kendaraan anda. Tidak usah pusing dengan perawatan tersebut, mulai perhatikan dari hal yang terkecil. Seperti filter pada mobil anda. Mungkin kelihatannya kurang berefek besar secaralangsung namun kedepannya pasti akan ada dampaknya yang serius. Mulailah rawat filter yang ada di mobil anda. 

Filter apa sajakah itu...?

Yups benar sekali di mobil anda terdapat 3 filter yang mempunyai fungsi masing-masing. Filter oli, udara dan AC.

Sebelum membahas mengenai filter udara, filter AC dan Filter oli, alangkah baiknya kita mengetahui apa fungsi filter dan apa dampaknya ketika filter tidak diganti secara berkala. 

Filter merupakan sebuah komponen/aksesoris pada mobil yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang dihasilkan oleh sisa pembakaran maupun debu jalanan yang membandel. Filter-filter tersebut wajib anda ganti secara rutin untuk menjaga kesehatan mobil anda dan pastinya untuk menjaga kesehatan anda tersendiri.

Filter udara

Filter udara merupakan komponen yang terletak bedekatan dengan mesin mobil. Fungsi filter udara yaitu untuk menjaga ruang bakar agar tetap bersih dari kotoran ataupun debu.

Kok bisa...?

Ingat kembali mengenai pembakaran pada mesin, selain bensin udara bersih juga sangat berguna dalam berlangsungnya sebuah pembakaran pada mesin. Nah sini peran filter udara, yang berfungsi menyaring udara yang dibutuhkan ruang bakar.

Akibat jika filter udara tidak diganti, ruang bakar menjadi kotor, oli juga cepat kotor selain itu tarikan mobil juga semakin berat. Karena semakin beratnya tarikan mobil maka bensinpun menjadi boros.

Maka itu gantilah filter udara setelah mencapai 20.000 km dan berlaku untuk kelipatannya.

Filter AC

Filter AC sejatinya tidak ada bedanya dengan filter udara yang sama-sama berperan untuk menyaring udara agar tetap bersih. Bedanya jika filter udara menyuplai udara kemesin bakar, maka filter AC bertugas memastikan udara yang kita hirup saat berada didalam mobil bersih.

Bahan yang digunakan untuk filter AC lebih tipis dari filter udara maka cara membersihkannya juga harus lebih hati-hati, bisa-bisa robek. Penggantian filter AC juga sama seperti filter udara setiap 20.000 km atau kelipatannya.

Apa akibat jika kita tidak mengganti filter AC..?

Ketika filter AC tidak diganti maka anda dapt membayangkan udara yang ada dalam mobil kotor kemungkinanbesar akan menimbulkan penyakit untuk dalam jangka panjangnya. Belum ketika anda mempunyai buah hati yang seharusnya anda lindungi. 

Nah untuk melindungi keluarga kita dari serangan udara kotor maka gantilah filter AC anda secara teratur.

Filter Oli

Filter oli merupakan komponen yang berada dekat sekali dengan mesin sama halnya dengan filter udara. Namun untuk fungsinya sendiri sangat berbeda dengan filter udara maupun AC. 

Fungsi filter oli adalah menyaring kotoran pada oli yang sedang bersirkulasi ketika mesin mobil menyala. Ketika oli dalam keadaan bersih maka kenyamanan akan anda dapatkan. Membuat mesin terawat juga.

Penggantian filter oli dilakukan setiap 10.000 km atau setiap 2 kali ganti oli mesin dengan syntethic biasa, namun jika anda menggunakan oli fully syntethic maka setiap ganti oli harus ganti filter. 

Akibat tidak digatinya filter oli dalam jangka yang lama.

- Oli cepat kotor
- Akan terjadi penyumbatan pada filter sehingga sirkulasi dari oli akan terganggu
- Perlindungan oli terhadap mesin tidak maksimal

Mungkin ini yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu anda untuk lebih memperhatikan filter pada mobil masing-masing. Dan lakukan penggantian filter-filter dengan teratur. karena kenyamanan dan kesehatan adalah milik anda dan maka dari itu jagalah. 

Kami admin Pelengka Otomotif mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dan jika ada kekukurangan dapat menambahkannya melalui komentar. Salam otomotif...




Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " 3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM